Manfaat daun kitolod untuk mengobati mata katarak pada burung




Mengobati Mata Katarak Pada Burung Kicau Alami Terbukti Ampuh


Mengobati Mata Katarak Burung Kicau – Pada umumnya kita menginginkan burung kicau yang sehat sehingga burung tersebut bisa gacor dan lebih aktif. Tetapi ada kalanya burung kicau yang kita pelihara sakit atau terserang penyakit, salah satu penyakit yang sering ditemui yaitu penyakit katarak pada burung kicau.



Penyakit katarak ini menyebabkan burung tidak bisa melihat dengan jelas atau bahkan menyebabkan kebutaan. Biasanya mata burung kicau yang terkena katarak akan berselaput putih pada matanya dan jika tidak ditangani dengan benar maka selaput ini akan semakin membesar menimbulkan kebutaan.



Penyebab katarak pada burung kicau yaitu adanya penumpukan lemak (selaput putih) pada sekitar lensa mata yang mengakibatkan tertutupnya sebagian pandangan atau cahaya yang masuk ke retina mata, sehingga burung akan sulit melihat, bahkan bisa mengalami kebutaan.

Tentunya burung yang mengalami katarak ini akan menurun performanya karena kesehatannya terganggu dan tidak ceria. Apalagi jika burung akan jual atau ikut perlombaan maka penyakit ini sangat akan mengganggu, burung juga akan lebih banyak diam karena pandangan kurang jelas, makan juga sulit (jika katarak dikedua mata). Sebagai kicau mania yang baik hendaknya kita mengetahui cara pengobatan dasar pada burung kicau yang terkena katarak.



Mengobati Katarak Pada Burung Kicau
Berikut ini cara alami untuk mengobati katarak pada burung kicau cara ini terbilang mudah aman dan tentunya gratis hehehe. Caranya dengan menggunakan daun kitolod (kendali, sangkobak), saya tidak tahu ya nama lokal di daerah masing-masing. Tetapi bentuk pohonnya seperti gambar dibawah ini, biasanya pohon ini tumbuh di sekitar selokan dan mempunyai bunga yang berbentuk terompet berwarna putih


Cara pengobatannya yaitu

Ambil beberapa daun kitolod yang segar, besar, lalu bersihkan.
Remas-remas dan haluskan daun sampai airnya keluar.
Gunakan air dari daun kitolod sebagai obat tetes pada burung kicau, teteskan langsung ke mata burung (hati-hati saat memegang burung)
Lakukan pengobatan ini setiap malam hari sampai sembuh, gunanya agar pengobatan maksimal karena burung istirahat dan tidak banyak gerak di malam hari.
Berikut ini salah satu pengobatan yang dicoba pada burung kacer
Selaput putih pada mata mulai berkurang dan bisa kembali bersih seperti sedia kala.


Mengobati mata katarak dengan cara ini bisa digunakan pada burung kicau seperti kacer, murai, cucak ijo, cucak jenggot, lovebird dan semua jenis kicau burung kicau lainnya. Selain itu bisa juga digunakan pada manusia dan hewan lainnya.

No comments:

Post a Comment